Kisah Bill Gates dan Paul Allen Mendirikan Microsoft

Pada Monday 30 July 2012 pukul 01:03

Kisah Bill Gates dan Paul Allen Mendirikan Microsoft - Lahir di Seattle pada 28 Oktober 1955, Bill Gates sebenarnya lahir dari keluarga yang mapan. Kakeknya adalah J.W. Maxwell, presiden bank nasional pada zamannya, sementara sang ayah bekerja sebagai pengacara sukses. Namun, alih-alih menjadi bocah kaya yang manja, Gates muda sudah menunjukkan kecerdasannya di bidang Matematika dan Fisika.

kisah-bill-gates-dan-paul-allen

Ketertarikan Gates pada komputer berawal di umur 13 tahun. Kebetulan tempat ia sekolah memiliki DEC PDP-10, sebuah komputer yang saat itu cuma dimiliki kalangan terbatas, seperti lembaga pendidikan atau pemerintahan. Bill bersama sahabatnya Paul Allen bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, yang seringkali membuat mereka lalai mengerjakan PR dan bolos dari kelas. Namun, minat dan keahlian komputer mereka pun semakin terasah. Di tahun 1970, Bill dan Paul sudah mendirikan perusahaan software yang disebut Traf-O-Data, meskipun skalanya masih kecil dan sudah bubar sebelum mereka lulus SMA.

Tahun 1973, Bill dan Paul masuk kuliah di Harvard University. Karena tidak tahu jurusan yang cocok, Bill memilih jurusan hukum. Namun, seperti halnya di SMA, Bill dan Paul lebih banyak menghabiskan waktu di pusat komputer kampus. Sampai akhirnya titik awal kecemerlangan karir mereka datang.

Di edisi Januari 1975, majalah Popular Electronic memuat artikel tentang Altair 8800 buatan MITS. Altair 8800 adalah sebuah komputer skala kecil yang dikemudian hari sering disebut cikal bakal PC. Setelah membaca artikel itu, Gates langsung menghubungi MITS dan mengatakan kalau ia memiliki sistem operasi yang cocok untuk Altair 8800. Padahal itu bohong, karena saat itu ia sama sekali belum membuat sistem operasi. Namun, Gates dan Allen berhasil membuat sistem operasi berbasic Basic dalam waktu 8 minggu dan sukses mendemonstrasikannya di depan petinggi MITS. Sistem operasi yang disebut Altair Basic akhirnya digunakan MITS sebagai sistem operasi Altair 8800.

Altair 8800 sendiri meraih sukses besar, terjual ribuan unit di bulan pertama penjualannya. Dengan kesuksesan tersebut, Bill semakin yakin untuk berkecimpung di dunia software. Bangku kuliah yang memasuki tahun ketiga ia tinggalkan dan bersama Paul Allen mendirikan Microsoft.

1 komentar:

Dani Wahyu said...

Thanks infonya, menarik banget. Oiya ngomongin Bill Gates, saya juga punya referensi lain nih tentang fakta dirinya yang jarang terungkap ke permukaan. Semoga bisa memperkaya wawasan temen-temen ya. Yuk, intip selengkapnya di sini: Fakta menarik tentang Bill Gates

Post a Comment

Kami merasa sangat beruntung apabila Anda berkenan menyampaikan kritik dan saran yang selanjutnya akan dijadikan bahan pertimbangan demi penyempurnaan situs ini di masa mendatang.