Kamus Istilah Teknologi Komunikasi

Pada Saturday 28 July 2012 pukul 13:41

Kamus Istilah Teknologi Komunikasi - Pada bidang teknologi komunikasi ada banyak istilah-istilah di dalamnya. Beberapa istilah tersebut antara lain:
  • 1G
    Dalam dunia komunikasi selular, 1G merupakan singkatan dari First Generation (generasi pertama). Dalam generasi ini, peralatan selular menggunakan sistem analog dan dirancang hanya untuk melakukan komunikasi suara. AMPS dan NMT merupakan sebagian sistem yang tergolong sistem generasi pertama.
  • 2G
    Generasi kedua dalam dunia komunikasi selular. Dalam generasi ini, perangkat selular telah menggunakan sistem digital dan mampu melakukan komunikasi suara, data, dan fax (selain layanan bernilai tambah lainnya). Komunikasi data dalam jaringan 2G memiliki kecepatan maksimum sebesar 9,6 Kbps. Kini, generasi kedua berupaya untuk meningkatkan kecepatan transfernya menggunakan aneka teknologi seperti HSCSD (High Speed Circuit Switched Data) dan GPRS (General Packet Radio Service). Tergolong dalam generasi kedua adalah GSM, US-TDMA (IS_136), dan cdmaOne (IS_95).
  • 3G
    Generasi ketiga dalam dunia komunikasi selular. Generasi ini menerapkan transfer data berkecepatan tinggi (maksimum 2 Mbps). Generasi ini sesuai untuk memenuhi keperluan transfer data besar seperti video dan layanan multimedia.
  • 3GPP
    Merupakan singkatan dari 3rd Generation Partnership Project. 3GPP merupakan lembaga beranggotakan badan, operator, dan vendor internasional. Tugasnya adalah melakukan standarisasi terhadap perangkat 3G dan semua anggota yang menggunakan sistem 3G.
  • Analog
    Perwujudan informasi dalam bentuk variabel kuantitas fisik, seperti voltase.
  • Air interface
    Dalam jaringan telepon selular, air interface merupakan "penghubung/jalan" yang berada di antara base station dan ponsel. Air interface menghubungkan keduanya secara nirkabel.
  • Bandwidth
    Bandwidth merupakan rentang variasifrekuensi dimana sinyal boleh dipancarkan. Biasanya kanal komunikasi ditetapkan oleh frekuensi terendah dan tertinggi yang diperbolehkan untuknya. Dan bandwidth setiap kanal dihitung berdasarkan perbedaan antara dua kanal dalam satuan Hertz, kilohertz, ataupun megahertz. Karena bandwidth setiap kanal berbanding lurus dengan jumlah data yang bisa ditransmisikan oleh kanal tersebut per suatu waktu, bandwidth per kanal biasanya diukur menggunakan data rate.
  • Blank spot
    Secara harafiah bermakna titik buta. Dalam komunikasi data dan selular, blank spot merupakan daerah yang tidak terjangkau oleh sinyal. Karena tidak ada sinyal, mustahil bisa dilakukan komunikasi suara dan data.
  • Bluetooth
    Merupakan teknologi komunikasi radio dalam jarak pendek. Bluetooth memungkinkan koneksi antar perangkat (seperti antara ponsel dengan PC) secara nirkabel dalam jarak tertentu (biasanya 10 meter).
  • BTS
    kamus-istilah-teknologi-komunikasi
    Base transceiver station atau yang biasa disingkat BTS merupakan pemancar dan penerima gelombang radio yang menghubungkan sentral telepon selular dengan ponsel. Satu BTS bisa melayani beberapa percakapan dari beberapa ponsel sekaligus dalam jarak tertentu (misalnya 20 kilometer). Setiap negara biasanya membutuhkan ratusan BTS agar bisa mencakup semua daerah dan menghilangkan blank spot.
  • GSM
    Merupakan singkatan dari Global System for Mobile. GSM adalah standar paling populer untuk ponsel. Layanan berbasis GSM dipakai oleh lebih dari 2 milyar orang di lebih dari 210 negara dan daerah. Dengan standar ini, pengguna GSM bisa melakukan jelajah internasional (international all roaming) sehingga ponselnya bisa dipakai di banyak negara tanpa mengganti ponsel dan nomor.

0 komentar:

Post a Comment

Kami merasa sangat beruntung apabila Anda berkenan menyampaikan kritik dan saran yang selanjutnya akan dijadikan bahan pertimbangan demi penyempurnaan situs ini di masa mendatang.